BLANTERWISDOM101

Tabel Tashrif Ishtilahi Lengkap Format Excel XLSX

Friday, January 10, 2020
Tabel tashrif isthilahi lengkap format xlsx

Ilmu yang sering disebut juga sebagai "ilmu tashrif" ini berisi tentang perubahan bentuk kata sehingga masing-masing bentuk memiliki makna yang berbeda baik dengan penambahan kata atau menguranginya. Ilmu yang menjadi "saudara" dari ilmu nahwu ini menjadi sangat penting, karena dalam ilmu ini kita tidak perlu membuka kamus ketika menemukan sebuah kata yang baru, sehingga menghemat waktu belajar kita untuk memahami bahasa arab.

Seperti contoh "مَكْتَبٌ", kita tidak perlu mencari makna kata tersebut. Dengan ilmu shorof, dapat kita ketahui bahwa kata tersebut berasal dari kata "كَتَبَ" yang berarti menulis, dalam contoh ini kata "مَكْتَبٌ" berbentuk isim zaman yang berarti menunjukkan makna tempat. Maka dapat disimpulkan jika kata tersebut bermakna "tempat menulis" atau "bangku".

Mudah bukan?

Tashrif Isthilahi dalam Ilmu Shorof

Dalam ilmu ini ulama membagi kata dasar dalam bahasa arab menjadi 3 huruf, yang biasa disebut dengan "fa' fi'il", "'ain fi'il", dan "lam fi'il". Perhatikan kata "حَسُنَ", dengan huruf "ح" merupakan "fa'fi'il", huruf "س" adalah "'ain fi'il", dan huruf "ن" adalah "lam fi'il". Sehingga dalam perubahannya, ketiga huruf ini diberi harakat atau tambahan tertentu sehingga berubah maknanya.

Dalam salah satu kitab shorof yang terkenal di Indonesia, kitab Al-Amtsilah At-Tashrifiyyah karya KH. Makshum bin Ali, beliau membagi tashrif menjadi 2, tashrif isthilahiyyah dan tashrif lughowiyyah. Dimana tashrif lughowiyyah mengubah kata dari satu bentuk ke bentuk lain dengan makna yang berbeda-beda, sedangkan tashrif isthilahiyyah mengubah kata dari satu bentuk ke bentuk lain dengan pelaku yang berbeda-beda.

Tashrif isthilahiyyah mengubahnya menjadi fi'il mudlori', fi'il amar, fi'il nahi, dan lain-lainnya. Dalam kitab tersebut beliau membagi tashrif istihilahi menjadi 22 bab dengan kata dasar yang berbeda-beda. Contoh dalam kitab tersebut sudah sangat lengkap, sehingga kita hanya perlu mempelajarinya saja.

Download

Nah alhamdulillah, kali ini Santri Ardi mencoba membagikan sebuah file excel (xlsx) yang memudahkan Anda dalam mempelajari tashrif isthilahi ini. Dalam file ini terdapat 22 bab dari contoh yang ada di kitab Al-Amtsilah At-Tashrifiyyah lengkap. Kelebihan dari file ini adalah Anda bisa mengubah kata dasar sesuai pada kolom yang ada sehingga seluruh bentuk dari ke-22 bab tersebut ikut berubah. Anda tidak perlu repot-repot lagi untuk mengetiknya ulang, file ini dapat disalin dan sekaligus siap cetak, sehingga mudah dan praktis untuk digunakan.

Berikut tampilan previewnya :



Silahkan download file melalui link dibawah ini
[Google Drive] [Userscloud] [SafeLinkBlogger] [Direct Link]

Sedangkan untuk contoh file PDF yang sudah diekspor bisa diunduh di bawah ini
[Google Drive]

Mohon maaf, untuk file tersebut sementara hanya dapat mengubah fiil dengan bina' shohih (tidak ada huruf ا ,و, maupun ي dalam kalimah). Untuk bentuk bina' lainnya masih belum dapat diselesaikan. Mohon dukungannya agar dapat segera selesai.

Cara Menggunakan

  1. Setelah Anda selesai mengunduh file tersebut, buka dengan Microsoft Office Excel atau program editor lainnya.
  2. Bila muncul sebuah dialog "This workbook contains links to one or more external sources that could be unsafe" atau seperti gambar di bawah, pilih Update.
    Pilih update
    Pilih Update
  3. Cari baris berisi 4 huruf dasar seperti gambar berikut.
    Keempat kotak yang dapat diubah
    Keempat kotak yang dapat diubah
  4. Ubah mode keyboard menjadi arabic dengan tekan Windows+Space kemudian ubah keempat kata dasar tersebut sesuai keinginan Anda. Ke-22 bab tersebut otomatis akan berubah sesuai kata dasarnya.
    Ubah sesuai kata dasar anda
    Ubah sesuai kata dasar Anda
  5. Bila Anda ingin mencetak atau menyimpannya dalam pdf, tekan Ctrl+P kemudian Print. Selesai, tabel tashrif custom Anda telah jadi.
    Jendela print
    Jendela Print
    Hasil setelah diprint
    Hasil setelah diprint

Catatan:
Bila Anda hanya menginginkan tiga kata saja (Fi'il Tsulatsi), lakukan langkah berikut :
  1. Kosongi kolom keempat (lam kedua).
  2. Kemudian pindah ke Page Break Preview di pojok kanan bawah.
    Tombol page break review
    Tombol Page Break Review
  3. Tarik garis bawah biru empat baris ke atas.
  4. Kemudian Print.

Sekian, sedikit ilmu yang saya bagikan kali ini. Mohon koreksi bila ada kekurangan maupun kesalahan dalam postingan ini dengan cara berkomentar di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung!
Share This :

6 komentar

  1. Ini yang saya cari cari, hebat. Tapi maaf bagaimana cara mendownload filenya. Mohon tuntunannya secara detail.. terimakasih 🙏🏻

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih telah mengunjungi Ardisantri.com

      Mohon maaf atas ketidaknyamanan Anda sebelumnya. Kami baru saja menambahkan alternatif situs unduh lainnya agar Anda dapat mengunduhnya dengan mudah. Silahkan cek kembali untuk dapat mengunduhnya.
      Untuk cara download melalui Google Drive dan Userscloud akan saya posting di artikel selanjutnya.
      Terima kasih.

      Delete
  2. جزاكم الله خيرا وأحسن الجزء

    ReplyDelete
  3. جزاكم الله خيرا وأحسن الجزء

    ReplyDelete
  4. جزاك اللـــه خيرا أتمنى لك التوفيق و السداد و النجاح

    ReplyDelete